Rabu, 06 Mei 2009

Memperalat Switchsniffer Untuk Tindakan Memalukan

Switcgsniffer adalah sebuah tools Shareware yang cukup mumpuni untuk para Sniffer. Software ini adalah program yang bisa mencari user yang aktif di jaringan switch LAN dan dapat mengambil seluruh packet data tanpa persetujuan user yang bersangkutan. Software ini juga dapat mendeteksi program arpspoofer sedang berjalan dan membokir sesi pertahanan semacam Firewall. Jika Anda menggabungkan program ini dengan program sniffer yang lain, anda dapat melihat dan mengambil id user dan password dari user lain di dalam jaringan Anda. Tidak itu saja, Tools ini mampu bekerja pada jaringan Wireless. Wow, itulah beberapa 'kelebihan' Tools ini.
Coba bila Anda bayangkan bila Tools ini disalahgunakan dalam arena hotspot. Seorang Sniffer bisa menggunakan Tools ini untuk memblok semua IP user di arena hotspot tersebut dan dia mulai mengatur semua Bandwidth hanya untuk dirinya (Bandwidht Monopoly Trick). Jelas user lain tidak akan bisa lagi mengakses Sinyal Wireless (Dissconnected Connection) dan dia harus memohon kepada Sang Sniffer bila ingin terkoneksi lagi.
Baik, hal ini bisa dimaklumi karena Teknik Sniffing merupakan bagian dari perkembangan IT (Teknologi Informasi) saat ini. Namun apakah pantas bila teknik seperti itu digunakan di dalam sebuah lembaga pendidikan untuk memonopoli Bandwidth Hotspot. Sungguh hal yang memalukan dan mencerminkan sebuah tindakan Rakus dan Mau Menang Sendiri. Tindakan ini sangat mengganggu proses Sharing ilmu di lembaga pendidikan tersebut. Padahal share ilmu sangat penting bagi kepentingan kita bersama.
Teknik seperti ini saya temui di kampus saya sendiri. Dimana ada beberapa mahasiswa melakukan Sniffing untuk memblok IP Addrees mahasiswa lain yang sedang online di arena Hotspot. Sungguh memalukan. Mungkin mereka belum mengerti apa yang dimaksudkan dari Share ilmu. Mereka tetap saja ngotot sendiri dengan kerakusannya menggunakan Tools Switchsniffer untuk "memakan" Bandwidth yang disediakan kampus. Agar Anda mengetahui bagaimana fungsi dari tool Switchsniffer ini lebih dalam, silahkan download di website Softonic.

1 komentar: