Rabu, 06 Mei 2009

Bahasa Rakitan/Assembly

Bahasa pemrograman generasi kedua adalah bahasa assembly. Bahasa rakitan (bahasa Inggris: assembly language) adalah bahasa pemrograman komputer tingkat rendah. Bahasa assembly merupakan notasi untuk bahasa mesin yang dapat dibaca oleh manusia dan berbeda-beda tergantung dari arsitektur komputer yang digunakan.

Berbeda dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi, bahasa assembly atau rakitan biasanya memiliki hubungan 1-1 dengan instruksi bahasa mesin. Misalnya, tiap julukan (mnemonic) yang ditulis di program dengan bahasa rakitan akan diterjemahkan menjadi tepat satu kode operasi yang dapat dimengerti langsung oleh komputer.

Pada bahasa tingkat tinggi, satu perintah dapat diterjemahkan menjadi beberapa kode operasi dalam bahasa mesin. Proses pengubahan bahasa rakitan ke bahasa mesin dilakukan oleh assembler, dan proses balikannya dilakukan oleh disassembler.
Setiap arsitektur komputer memiliki bahasa mesin yang berbeda-beda sehingga bahasa rakitannya pun berbeda-beda.
Bagi Anda yang ingin mempelajari tentang Bahasa Assembly/Rakitan lebih dalam, saya telah menyediakan Ebook tentangnya. Ebook ini dalam bentuk exe dan isinya sangat lengkap. Silahkan di Download.
Download dari Ziddu:




Sumber Bacaan:
www.beritanet.com/Literature/Kamus-Jargon/bahasa-assembly


Tidak ada komentar:

Posting Komentar