Jumat, 15 Januari 2010

Reset Canon MP 145 - Error Code E27 ( Ink Absorber Full )

Printer Canon MP 145 memang tergolong printer yang serbaguna karena memiliki fasilitas PSC (Print, Scan and Copy). Hal inilah yang membuat printer jenis ini banyak diminati banyak konsumen. Apabila terjadi eror dalam penggunaanya maka printer Canon ini akan memberikan sebuah pesan kepada pemakai bahwa telah terjadi eror dan biasanya dalam pesan tersebut pemakai disuruh membawanya ke service center terdekat. Misalnya, terjadi ERROR E27( Ink Absorber Full ) yaitu penghisap tinta pada printer tersebut telah penuh, maka printer tidak akan bisa berfungsi sebelum eror tersebut diperbaiki dan solusi yang diberikan printer Canon ini adalah sederhana yaitu kita disuruh membawanya ke sevice center Canon terdekat :D. Oke, bagaimana bila kita terburu-buru alias tidak ada waktu untuk menggotong printer ini ke sevice center Canon?. Disini saya akan berbagi tips bagaimana caranya untuk menghilangkan atau me-reset ERROR E27 ( Ink Absorber Full ) sehingga kita bisa melanjutkan aktifitas mencetak file kita dengan printer tersebut tanpa membawanya ke sevice center Canon.
Sebelum mereset lihat dulu pesan error yang terdapat pada Lcd printer Anda apakah benar mempunyai pesan ERROR E27, Lalu ikuti langkah-langkah dibawah ini:
1. Matikan printer(pastikan kabel power masih terpasang), tekan dan tahan tombol STOP/RESET kemudian tekan dan tahan tombol ON/OFF dan lepas STOP/RESET,
kemudian tekan tombol STOP/RESET 2x.
2. Lepaskan kedua tombol, sekarang printer dalam posisi SERVICE MODE (pada LCD printer muncul angka”0″)
3. Setelah lampu on/off berwarna hijau, silahkan tekan tombol STOP/RESET sesuai dengan petunjuk berikut:
• di tekan 1x = lampu Orange nyala >untuk Service pattern print
• di tekan 2x = lampu Hijau nyala >untuk EEPROM print
• di tekan 3x = lampu Orange nyala >untuk EEPROM reset
• di tekan 4x = Lampu Hijau Nyala >untuk Waste ink counter reset

(saya sarankan tekan 4x)
4. Matikan printer dan cabut kabel POWER.
5. Hidupkan kembali printer anda.


Tulisan bercetak tebal diatas saya sarankan Anda copy lalu Anda cetak di selembar kertas dan Anda tempelkan di printer Canon MP145 Anda agar kelak Anda tidak usah repot lagi mencari-cari bagaimana menangani eror yang serupa. Oke? :D.

Cara ini telah saya coba dan berhasil, walaupun tidak langsung berhasil. Artinya, tolong ulangi lagi dari langkah awal kalau Anda tidak berhasil, mungkin kesalahan terjadi pada Anda, yaitu karena Anda kurang sabar sehingga salah tekan kombinasi tombol yang telah disebutkan. Pada waktu itu saya frustasi karena deadline tugas print out kuliah saya sudah didepan mata (tinggal beberpa jam) dan akhirnya saya menemukan tips ini dari Googling. Sayangnya saya lupa alamat website dimana saya mendapatkan tips ini.
Oke, selamat mencoba dan semoga bermanfaat :D.

2 komentar: