Rabu, 06 Mei 2009

Fasilitas Hidden Number/Pivate Number Mulai Disalahgunakan

Saat ini, banyak provider-provider telekomunikasi telefon seluler yang menyediakan fasilitas Private Number dimana si penelfon bisa menyembunyikan identitasnya (yang berupa nomor telefon selulernya) sehingga pihak yang ditelefon tidak tahu identitas si penelfon. Misalnya, saya menelfon Anda dengan fasilitas Private Number aktif ke ponsel Anda, maka Anda tidak akan mengetahui identitas saya karena nomor telefon seluler saya tidak akan ditampilkan pada telefon seluler Anda.
Awalnya fasilitas seperti ini kelihatan sangat berguna sekali untuk melakukan suatu tindakan yang bertujuan untuk mata-mata atau sekedar mengirim kritik dan saran kepada suatu pihak tanpa harus diketahui identitasnya (dalam telekomunikasi analog biasa disebut dengan surat kaleng). Tetapi saat ini banyak sekali pihak yang menggunakan fasilitas ini untuk tujuan yang tidak benar. Mulai dari tindakan peneroran sampai dengan tindakan penipuan dengan layanan Private Number.
Banyak sekali keluhan-keluhan dari berbagai pihak yang merasa dirugikan dan terganggu dengan fasilitas ini. Di dunia maya banyak sekali pihak yang mengolok-ngolok dan mencibir fasilitas Private Number sebagai fasilitas seorang pengecut, fasilitas teroris dan bahakan ada yang mengecam bahwa Provider telekomunikasi yang memberikan fasilitas Privat Number adalah Provider yang mendukung tindakan terorisme.
Untuk itu, agar makna dari perkembangan teknologi komunikasi (khususnya teknologi telefon seluler) tidak bergeser ke arah yang negatif maka dalam mengembangkan sebuah fitur media komunikasi sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu apakah dampak negatifnya itu lebih besar dari pada dampak positifnya. Bila telah dilakukan uji coba dan ternyata hasilnya adalah negatif, maka fitur tersebut sebaiknya segera dihilangkan saja karena menyangkut kepentingan orang banyak.
Ada keluhan mengenai suatu produk barang atau jasa? Sampaikan saja keluhan Anda ke Media Konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar